Tutorial Cara Membuat Blog bagi Pemula

Bisa dibilang blog sudah memiliki peranan yang cukup besar dalam gaya hidup dan tren masyarakat zaman sekarang. Blog mewadahi berbagai profesi, mulai dari mereka yang sekadar menulis hingga mereka yang menjadikan blog sebagai mata pencarian utama. Fakta yang positif ini tentu mendorong keingintahuan Anda: bagaimana, sih, cara membuat blog?
Di artikel ini, kami akan membahas semua hal yang Anda butuhkan untuk cara membuat blog. Mulai dari pemilihan niche hingga faktor yang menentukan kesuksesan blog. Di akhir artikel ini, kami berharap Anda akan punya blog yang bisa mendatangkan trafik yang konsisten dan muncul di pencarian organik Google.
Di bagian ini, kami akan membahas panduan membuat blog mulai dari pemilihan provider hosting hingga menginstall platform blogging. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan berbagai tips membuat blog agar ke depannya Anda bisa sukses.
1. Tentukan niche
Jika saat ini Anda sedang menjalankan suatu proyek atau membangun bisnis online, melalui blog Anda bisa membagikan informasi mengenai layanan, produk, serta visi dan misi perusahaan. Pembaca yang tertarik dengan pembahasan yang disajikan akan singgah di blog Anda. Anda pun dapat mengakuisisi user baru dengan mudah. Win-win solution, bukan?
Apabila yang Anda cari adalah cara buat blog pribadi, Anda punya lebih banyak peluang. Daftar niche atau topik lebih luas, mulai dari traveling (kisah perjalanan), teknologi, berita, makanan, musik, hingga sepatu. Saking banyaknya, Anda bebas memilih satu niche untuk dijadikan topik utama blog.
Peran niche sangat krusial dalam pembuatan blog. Oleh karena itu, janganlah terburu-buru dalam menentukannya. Kami sarankan untuk melakukan riset terlebih dulu.
Salah satu cara membuat blog yang menarik adalah dengan mengulas topik yang disukai. Anda lebih enjoy dalam melakukannya dan hasilnya juga akan lebih baik. Audiens akan merasa puas setiap kali membaca postingan Anda.
2. Pilih web hosting
Setelah menentukan niche blog, langkah selanjutnya adalah memilih platform blogging. Platform blogging adalah software atau layanan untuk mempublikasikan blog beserta kontennya. Ada dua tipe platform, yakni platform gratis dan platform self-hosted. Berikut akan kami jelaskan lebih rinci mengenai dua tipe tersebut.
Platform gratis
Pemula yang ingin tahu cara membuat blog gratis dan mudah bisa memilih platform ini. Akan tetapi, selayaknya layanan gratis, platform ini memiliki batasan dan aturan yang harus dipatuhi. Selain penggunaan subdomain platform di belakang URL blog, Anda juga tidak bisa menghapus atau menonaktifkan iklan yang terpasang di blog. Mau tak mau Anda harus menerima keberadaan iklan ini meskipun tidak sesuai dengan konsep blog atau bahkan tidak dapat diuangkan. Jika ingin mendapatkan kebebasan lebih dalam mengontrol iklan dan juga URL, kami sarankan untuk buat blog di platform self-hosted.
3. Mendaftarkan nama domain
Alamat URL unik yang dimiliki setiap website disebut nama domain. Karena nama domain menentukan keberhasilan blog Anda, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Pun jangan sampai terburu-buru dalam mendaftarkannya. Lakukan dengan hati-hati. Kalau perlu, gunakan tool domain name generator untuk memperoleh nama-nama domain yang potensial.
Jika sudah ada calon domain, cek ketersediaannya dengan tool cek domain. Tool ini akan menampilkan nama domain yang dikombinasikan dengan berbagai ekstensi. Pilih ekstensi yang menurut Anda paling pas.
Apabila masih bingung dengan istilah domain dan ekstensi, silakan cek tutorial apa itu domain.
4. Menginstall platform blogging
Sistem Manajemen Konten (CMS) adalah platform yang paling pas jika Anda ingin mencoba cara membuat blog baru. Dengan CMS, Anda bisa:
Membuat blog tanpa harus mempelajari coding dan bahasa pemrograman lainnya terlebih dulu.
Mempublikasikan konten dan membuat konten baru.
Mendedikasikan diri sepenuhnya untuk menulis konten, tanpa harus mengkhawatirkan aspek teknis.
Menambahkan fitur baru dengan bantuan plugin dan module.
Mengatur tampilan blog dengan menerapkan tema gratis yang ada di library CMS.
5. Mempublikasikan konten dan membangun blog
Buatlah konten yang informatif dan berguna bagi target audiens Anda. Jangan sekali-sekali mempublikasikan konten yang tidak dikuasai atau Anda sendiri tidak punya waktu untuk menguliknya lebih jauh.
Sebagai blogger, tentu Anda berharap pembaca terus berkunjung di blog Anda. Selain memastikan kualitas konten, Anda juga harus kreatif. Agar menarik, tambahkan foto, grafis, atau media visual lainnya yang sesuai gaya penulisan Anda ke konten atau postingan.
Aktifkan kolom komentar di setiap postingan agar pembaca bisa berkomunikasi secara virtual dengan Anda. Mintalah pendapat atau saran dan kritik mengenai postingan atau apa yang ingin mereka baca nantinya di blog Anda.
Saat membuat konten, jangan langsung berekspektasi bahwa blog akan ramai. Satu postingan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk muncul di halaman awal mesin pencari seperti Google. Namun, hal ini jangan sampai menyurutkan semangat Anda. Teruslah membuat postingan yang berkualitas. Sedikit demi sedikit, bangunlah blog yang menawarkan solusi bagi pembacanya.
Halaman statis
Halaman statis adalah halaman yang tidak berubah dan biasanya memuat konten yang statis pula. Lengkapi blog dengan halaman statis, seperti:
Tentang kami (about us) – Di halaman ini, tambahkan informasi mengenai siapa Anda dan mengapa blog ini dibuat.
Tulis tujuan blog, apakah difokuskan untuk urusan bisnis, hobi, atau kisah pribadi.
Kontak (contact) – Di halaman ini, Anda bisa menampilkan alamat email, akun media sosial, email untuk berlangganan, atau alamat kontak lainnya yang memudahkan pembaca untuk berkomunikasi dengan Anda.
Sidebar/Menu – Kolom atau bar yang ada di atas layar, seperti kategori blog, iklan, halaman statis lain, dll.
Konten dan postingan blog
Postingan blog (blog post) – Di postingan blog, Anda bebas mempublikasikan apa saja, mulai dari teks, foto, hingga video. Anda juga bisa mengombinasikan ketiga media ini untuk menghasilkan postingan yang informatif.
Konten yang tidak mengenal musim – Bukan berarti Anda tidak boleh mempublikasikan postingan yang hanya berlaku di saat itu saja. Bukan berarti pula Anda tidak boleh mengulas konten dengan mengikuti topik yang sedang trend. Anda boleh menulis konten apa pun. Hanya saja, akan lebih baik kalau konten yang dibuat adalah konten yang relevan dengan audiens kapan pun dibaca. Pastikan untuk selalu memperbarui konten dengan informasi terbaru dan valid.
6. Mempromosikan blog
Karena munculnya postingan di halaman terdepan Google membutuhkan waktu yang lama, keberadaan blog Anda jadi sulit untuk diketahui. Salah satu cara agar blog Anda dikenal banyak orang dan menjangkau audiens yang tepat adalah dengan mempromosikannya.
6. Mempromosikan blog
Karena munculnya postingan di halaman terdepan Google membutuhkan waktu yang lama, keberadaan blog Anda jadi sulit untuk diketahui. Salah satu cara agar blog Anda dikenal banyak orang dan menjangkau audiens yang tepat adalah dengan mempromosikannya.
Dari mulut ke mulut, di kalangan keluarga dan teman-teman – beri tahu orang-orang terdekat kalau Anda sekarang punya blog sendiri. Mintalah bantuan mereka untuk menyebarkannya melalui media sosial. Kalau perlu, tambahkan mereka di mailing list agar tidak ketinggalan konten terbaru.
Tambahkan blog ke mesin pencari – blog Anda akan di-index. Itu berarti blog Anda akan ditambahkan ke daftar situs mesin pencari. Buat akun di Google dan pilih Submit URL di Webmaster Tool. Selain Google, Anda juga bisa menambahkan blog ke Bing dan mesin pencari lainnya.
Jadilah blogger yang aktif – lihat blog, media sosial, forum, dan media lainnya yang relevan dengan niche. Bergabunglah di komunitas blogging untuk membangun hubungan tak hanya dengan blogger tapi juga audiens.
Aktif di jaringan sosial – Agar blog mendapat lebih banyak kunjungan, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengikuti blog lain di dalam cakupan niche. Tulis komentar di postingan dan ciptakan koneksi.
Guest blog – tawarkan jasa menulis postingan di website atau blog lain. Pastikan blog yang dipilih punya reputasi yang baik dan menggunakan niche yang sama.
Mailing list – kirim email ke pembaca yang berisikan artikel terbaru atau penawaran mendatang. Semakin banyak orang yang menanti kehadiran postingan blog, semakin baik pula tanggapan yang diberikan.
Iklan atau trafik berbayar – iklan dipandang sebagai salah satu strategi pemasaran terbaik. Anda bisa mempromosikan blog dengan memasang iklan di Facebook atau Google AdWords. Gunakan opsi ini hanya bila Anda benar-benar sudah punya bujet yang memang dialokasikan untuk iklan.
7. Menghasilkan uang melalui blog
Selain menjadi wadah untuk menyalurkan opini dan membagikan informasi, blog juga bisa jadi sumber pendapatan utama atau sampingan. Kira-kira, bagaimana, ya, cara bikin blog yang menghasilkan uang?
Memasang iklan di blog – pilihlah iklan yang spesifik dan relevan dengan target audiens atau sesuai dengan topik yang ditulis. Anda bisa memulai strategi ini menggunakan Google Adsense.
Program afiliasi – melalui program ini, Anda akan bekerja sama dengan pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Nantinya Anda akan memperoleh komisi. Untuk bergabung di program ini, blog Anda sudah harus punya trafik yang tinggi dan kredibel. Sebagai affiliate, Anda akan diberikan link afiliasi untuk dipasang atau disertakan di blog.
Menjual produk dan layanan – Anda bisa berjualan produk dan layanan sendiri di blog. Install plugin eCommerce, misalnya WooCommerce, dan berikan kemudahan bagi audiens untuk mencari produk yang diinginkan, menambahkannya ke keranjang belanja (cart), dan melakukan pembayaran.
Postingan bersponsor – kalau blog sudah ramai, peluang untuk pihak lain memasang iklan di blog Anda semakin terbuka lebar. Tujuan ditempatkannya iklan di blog yang trafiknya tinggi adalah untuk meningkatkan exposure. Pembayaran akan didasarkan pada seberapa banyak postingan tersebut diklik, jumlah kunjungan, atau transaksi.
Mengubah blog jadi portofolio online – kalau Anda punya kemampuan menulis yang baik, ubahlah blog menjadi situs yang menyediakan jasa penulisan. Anda juga bisa mengadakan workshop online tentang kepenulisan atau menawarkan diri sebagai penulis lepas.
Comments
Post a Comment